SCM music player Interpersonal Skill / Blogger

Senin, 18 November 2013

Interpersonal Skill

Apakah ituu?!

Yak, first time pas denger Keterampilan Interpersonal itu jujur gatau ntar bakal pelajarin apaan:V
Oya lupa bilang, disini, KI itu adalah salah satu mata kuliah yang ada dijurusan Sistem Informasi ITS.
Termasuk mata kuliah buat mahasiswa semester 1, alias maba hehe
KI sendiri dibagi menjadi dua kelas yaitu ada outdoor dan indoor.
Untuk outdoor, kita dibagi menjadi banyak kelompok yang beranggotakan kira-kira 18 orang dari gabungan dua kelas, yang memang disamakan jadwalnya untuk KI outdoor itu sendiri. Kegiatan yang diselenggarakan tidak seperti mata kuliah lain yang cenderung membosankan, mendengarkan dosen ceramah, atau sikon-sikon belajar yang lainnya. Namun disini kita lebih banyak bermain, atau lebih nyentriknya disebut mm learning by doing kali ya.
Kenapa learning by doing..?
Memang saat KI outdoor itu games-games yang kita mainkan pasti memiliki nilai dibalik permainan itu sendiri. Ada pelajaran yang bisa dipetik & bisa di implementasikan ke kehidupan kita sendiri. Itu adalah tujuan adanya mata kuliah ini. Untuk mengasah skill kita sebagai individu yang pastinya selalu berinteraksi dengan orang lain. Bagaimana kita bisa menjadi pribadi yang baik, menyenangkan, dan tidak dipandang buruk. Akuin aja, sekarang ini attitude adalah salah satu penilaian yang amat berharga di mata semua orang.
Ngomong-ngomong soal KI, yang indoor belom dijelasin hehe
KI indoor sendiri bersifat lebih formal, disini kita ga main game lagi, tapi yaa hm duduk di kelas dan ada dosen yg mengajar. Yang dipelajari kebanyakan hal-hal untuk pengembangan diri yang bisa bermanfaat di kehidupan nanti setelah lulus dari bangku kuliah, khususnya dunia kerja.
Beberapa hal yang pernah diajarkan sendiri contohnya adalah bagaimana kita mengetahui cara/gaya belajar kita, belajar mengidentifikasi karya tulis, resensi, dsb.. Oya blog ini juga salah satu tugas yang diberikan oleh dosen. Selain blog, kita juga membuat halaman web about.me & linkedin.
Setiap presentasi juga diajarkan bagaimana cara bersikap dan bersuara yang baik.
Intinya banyak sekali yang bisa dipelajarin dari KI ini. Ilmu tidak harus berbentuk teori yang harus dipelajari, namun bisa juga sesuatu yang tidak ada wujudnya tapi bisa dilihat dengan dirasakan. 
Apabila kita dapat mengambil dan mempraktekkan semua yang dipelajari dari KI ini tentu saja kita akan menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya. Hmm uda kayaknya segitu aja ya penjelasan singkat tentang KInya. Kalo penasaran monggo masuk SI ITS biar bisa dapet matkul seru yang satu ini wkwk
Oke kalo gitu udahan dulu nanti lanjut ke postingan berikutnya, dadah:D

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© Blogger
Maira Gall